Mickey Mouse
Selamat Datang di Blog Saya, Semoga Bermanfaat!!!

Senin, 05 November 2012

PSI 1 - Data dan Informasi


Pengantar Sistem Informasi
(Data dan Informasi)

  •      Data
Data adalah sesuatu yang belum memiliki arti bagi penerimanya dan masih memerlukan sebuah pengolahan. Data itu bisa berwujud suatu keadaan, gambar, suara, huruf, angka, atau simbol-simbol yang bisa digunakan untuk melihat lingkungan, objek, kejadian atau suatu konsep.

  •       Informasi
          Informasi adalah hasil suatu perubahan bentuk dari data yang memiliki nilai tertentu, dan bisa digunakan untuk menambah pengetahuan bagi yang menerimanya.

  •       Perbedaan Data dan Informasi

Data
Informasi
Bahan mentah yang perlu diolah
Hasil pengolahan data
Sesuatu yang belum berarti bagi penerima
Sesuatu yang sudah memiliki arti bagi penenrima
Tidak bisa digunakan sebagai alat bantu dalam mengambil sebuah keputusan
Dapat dijadikan sebagai alat bantu dalam pengambilan sebuah keputusan


  • Karateristik sebuah Informasi
Setiap informasi memiliki beberapa karakteristik yang menunjukkan sifat dari informasi itu. Krateristik Informasi tersebut antara lain:

1.    Benar atau Salah, karakteristik tersebut berhubungan dengan sesuatu yang realitas atau tidak realitas dari sebuah informasi.

2.    Baru, sebuah informasi dapat berarti sama sekali baru bagi penerimanya.


3.    Tambahan, sebuah informasi dapat memperbaharui atau memberikan nilai tambah pada informasi yang telah ada.

4.    Korektif, sebuah informasi dapat menjadi bahan koreksi bagi informasi sebelumnya,


5.    Penegas, informasi dapat mempertegas informasi yang telah ada, hal ini masih berguna karena dapat meningkatkan presepsi penerima atas kebenaran informasi tersebut.


  •        Nilai Informasi
Nilai sebuah informasi berhubungan dengan keputusan. Hal ini berarti bahwa bila tidak ada pilihan atau keputusan, informasi menjadi tidak diperlukan. Parameter untuk mengukur nilai sebuah informasi ditentukan dari dua hal yakni :

1. Manfaat
2.  Biaya
Suatu informasi dikatakan bernilai bila manfaatnya lebih efektif dibandingkan dengan biaya untuk mendapatkannya.

  •       Faktor-Faktor yang mempengaruhi Kualitas Informasi
Ada 3 faktor yang mempengaruhi kualitas informasi yaitu :

1.   Relevansi
Informasi dikatakan berkualitas jika relevan bagi pemakainya. Misalnya hasil penjualan sebuah produk kurang relevan jik ditunjukkan kepada manager tenik, akan tetapi akan sangat relevan jika disampaikan pada manager pemasaran.

2.   Akurasi
Sebuah informasi dapat dikatakan akurat jika informasi tersebut tidak biasa atau menyesatkan, bebas dari kesalahan-kesalahan dan harus jelas mencerminkan maksudnya. Informasi yang tidak akurat bisa terjadi karena informasi mengalami gangguan sehingga merubah atau merusak data asli tersebut. Beberapa hal bisa mempengaruhi keakuratan sebuah informasi antara lain :

·        Kelengkapan Informasi
Informasi yang lengkap berarti bahwa informasi yang dihasilkan terdiri dari satu kesatuan informasi yag menyeluruh dan mencakup berbagai hal yang terkait didalmnya. Jika sebuah informasi tidak lengkap itu akan membuat kesulitan dalam mengontrol atau memecahkan suatu masalah dengan baik.

·        Kebenaran Informasi
Informasi yang dihasilkan dari proses pengolahan data haruslah benar sesuai dengan perhitungan yang ada dalam proses tersebut.

·        Keamanan Informasi
Keamanan sebuah informasi harus terjamin, dalam arti hany bisa diakses oleh pihak-pihak yang berkepentingan saja sesuai dengan sifat dan tujuan dari informasi tersebut.

3.  Tepat Waktu
Informasi yang dihasilkan dari sebuah proses pengolahan data tidak boleh terlambat. Informasi yang terlambat tidak akan memiliki nilai yang baik. Informasi yang terlambat jika dipergunakan sebagi dasar untuk mengambil sebuah keputusan bisa saja menimbulkan kesalahan dalam tindakan yang akan diambil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar