Mickey Mouse
Selamat Datang di Blog Saya, Semoga Bermanfaat!!!

Selasa, 13 November 2012

PSI3 - Pemakaian Komputer dan Peningkatan Kualitas Informasi


Pengantar Sistem Informasi
(Pemakaian Komputer dan Peningkatan Kualitas Informasi)


Benarkah Manusia = Pengolah Informasi ? 
Ya !! Sebelum ada teknologi yang canggih seperti sekarang ini, masyarakat yang hidup pada sistem tradisional biasanya menjadi pengolah utama sistem informasi dengan menggunakan sistem manual.

Model dasar
 




Evolusi Teknik Pengolahan Data

Teknik Pengolahan data selalu berkembang dari waktu ke waktu sehingga kualitas informasi yang dihasilkan selalu meningkat dari masa ke masa.

Ada 4 tahap evolusi teknik pengolahan data :
1. Tahap Manual
    Tahap manual ini ditandai dengan dikembangkannya sistem penghitungan yang dilakukan manusia. Dari awal hanya mengunakan sistem penghitungan sepuluh jari tangan kemudian berkembang dengan sistem mengunakan tanah liat dan pada tahun 9000-2500 SM, secara bertahap manusia mulai sistem perhitungan jam, perhitunga kalender, rumus-rumus dan fungsi-fungsi untuk menghitung suatu nilai.

2. Tahap Mekanikal
Pascal's Machine Arithmetique
a) Tahap mekanikal ditandai dengan ditemukannya Pascal's Machine Arithmetique oleh ilmuwan Prancis - Blaise Pascal (1623-1662).
Mesin Babage
b) Juga ditemukan Mesin Babage oleh Charles Babbage seorang ilmuwan Inggris pada tahun 1833, suatu konsep pemrosesan data yangmenjadi dasar kerja dan prototipe dari komputer-komputer sekarang.


Mesin Tabulasi Kartu Plong
3. Tahap Mekanik Elektronik
    Tahap mekanik elektronik diawali dengan penemuan Mesin Tabulasi Kartu Plong oleh Dr. Herman Holerith yang bekerja di Biro Sensus Amerika Serikat untuk memepercepat data sensus pada tahun 1890. Mesin ini bergerak secara mekanik-elektronik dan lebih otomatis.







4. Tahap Elektronik
    Tahap ini dimuali dengan penemuan komputer digital elektronik pertama oleh Profesor John V. Atanasoff bersama asistennya Clifford Berry di lowa State College tahun 1942, komputer ini merupakan komputer pertama yang menggunakan tabung hampa udara.





Keunggulan Komputer
1. Mampu berakses secara cepat dan tepat.
2. Mampu menghasilkan informasi dari data yang sudah lampau.
3. Mampu memproses data menjadi informasi.
4. Mampu menyimpan data dalam jumlah besar.
5. Mampu memberikan kemudahan bagi penggunannya dalam
    bekerja.







Peningkatan Nilai Informasi
 Suatu informasi bisa dikatakan bernilai jika informasi tersebut dapat mengakibatkan perubahan dalam tindakan yang dapat  diambil dalam pengambilan sebuah keputusan.

gambar (a)


Contoh saja gambar (a) dengan sistem manual, biaya rata-rata yang dikeluarkan jauh lebih sedikit dibandingkan mengunakan mesin dan komputer, dan volume pemrosesan komputer jauh lebih tinggi dibandingkan mesin dan sistem manual. itulah sebabnya ada peningkatan nilai informasi.


gambar (b)













 Berbasis Komputer
Sistem Informasi berbasis komputer mengandung arti bahwa komputer memainkan peran penting dalm sebuah sistem informasi. Secara teori, penerapan sebuah sistem informasi memang tidak harus menggunakan komputer dalam kegiatannya, tetapi pada prakteknya tidak mungkin sistem yang sangat kompleks itu dapat berjalan dengan baik jika tanpa adanya komputer. Sistem informasi yang akurat dan efektif, dalam kenyataannya selalu berhubungan dengan istilah computer based atau pengolahan informasi berbasis komputer.

1 komentar: